Jumat, 21 September 2012

Larangan-larangan untuk ibu hamil


Mari kita mengenali apa yang boleh dan tidak boleh saat hamil. Apa saja?

Cat
Banyak ibu hamil yang merasa pusing setelah mencium bau cat, Karena zat yang terdapat dalam cat bisa masuk ke dalam tubuh. Walau belum diketahui pasti apakah bahan cat bisa berbahaya bagi perkembangan janin atau tidak.

Bahan pembersih dan pengkilap
Hindari kontak langsung dengan kulit. Sebaiknya gunakan sarung tangan bila dalam pekerjaan.

Pewarna Rambut
S
ebaiknya sementara Anda hamil, jauhkan keinginan untuk mengecat rambut. Memang belum ada bukti yang menunjukkan bahan-bahan kimia dalam pewarna rambut berbahaya bagi janin dan di lain pihak, pewarna rambut pun tak terbukti aman sama sekali.,

Kosmetik
Kandungan merkuri dalam kosmetik diketahui berbahaya bagi janin.

Melukis
Cukup 1-2 jam setiap hari.  Yang dikhawatirkan selama melukis bau cat dapat terhirup dalam waktu lama.

Hubungan Seks
aktivitas ini boleh-boleh saja dilakukan. Asal tidak ada indikasi kelainan pada kehamilannya, semisal letak ari-ari di bawah atau perdarahan.

Naik pesawat
Boleh dilakukan sebelum usia kehamilan 7 bulan. Bepergian dengan pesawat berisiko tinggi. Bila kondisi udara buruk, lantas ibu menjadi stres. Ibu bisa kekurangan oksigen dan mengalami sesak nafas, persalinan prematur atau bayi meninggal dalam kandungan."

Merokok
"Bayi yang dilahirkan dari ibu perokok hampir selalu memiliki berat lahir rendah," Ibu perokok mengakibatkan bayi mendapat darah lewat plasenta lebih sedikit, sehingga zat asam dalam darahnya sedikit.

Rontgen
Radiasi tak boleh dilakukan, apa pun indikasinya. Semua bentuk radiasi berpotensi membahayakan perkembangan janin.

Sauna
wanita hamil sudah banyak mengalami penguapan dari tubuhnya dengan seringnya berkeringat. Sehingga sauna suatu pekerjaan sia-sia.

Mandi Malam
mandi malam boleh asal tak sampai menggigil kedinginan. Bila tak ingin mandi, minimal membasuh dengan waslap, membersihkan daerah kemaluan, membersihkan daerah lipatan kulit dan mengganti pakaian.

Olahraga
olahraga yang berbahaya dan mengandung risiko, seperti balapan mobil, berkuda, lompat-lompat, arung jeram, dan sebagainya jangan dilakukan. lakukan olahraga ringan selama 5-30 menit, misalnya jalan pagi, senam ringan, atau berenang. "Jalan merupakan olahraga paling aman semasa hamil."

Bekerja di depan komputer
Jangan terlalu lama di depan komputer. Sebaiknya setiap 1-2 jam Anda melakukan kegiatan lain, seperti jalan-jalan sebentar atau menggerakkan anggota badan.

Mengemudi
Mengemudi juga jangan terlalu. Sering-seringlah mengubah posisi untuk mengendorkan otot-otot kaki.

Diet
Tak baik bagi kondisi ibu dan bayi, karena bisa menimbulkan kekurangan vitamin, mineral dan bahan makanan lain. Diet hanya boleh dilakukan atas persetujuan dokter. kurangi jenis makanan tertentu saja yang dapat menambah berat badan berlebih, seperti cake, tart, biskuit, makanan yang berlemak dan manis-manis.

Stoking
Stoking dapat membatasi peredaran darah di kaki, karena dapat menimbulkan pembengkakan. Jadi, jangan gunakan stoking yang membungkus kaki dengan ketat.
Sebaiknya gunakanlah stoking dari bahan lunak bila Anda merasa perlu memakainya untuk menjaga keindahan dan kehangatan di ruang ber-AC.
Penderita varises bisa tetap menggunakan stoking khusus varises.
Alkohol
Jangan dikonsumsi sama sekali. Bila wanita suka minum minuman beralkohol harus dihentikan sebelum dan sesudah kehamilan terjadi. Bisa menghambat pertumbuhan fisik, otak dan sebagainya sehingga bayi lahir dengan cacat fisik, kerusakan jantung dan retardasi mental. Mau?

Daging setengah matang
Pada telur setengah matang pun bisa ditemukan salmonela yang dapat mengakibatkan penyakit typhus. Bahan makanan yang mengandung kuman tersebut bisa masuk dalam darah ibu dan menyebabkan infeksi, misalnya, toksoplasma.


Pil KB
Segera hentikan setelah tahu diri Anda hamil. Saat belum menyadari Anda hamil, mungkin Anda masih mengkonsumsi pil KB. Tak perlu terlalu khawatir, karena pil KB tak secara langsung menyebabkan efek pada janin, misalnya bayi cacat.
Lagipula, hormon-hormon sintetis dalam pil KB hampir sama dengan hormon-hormon alami yang diproduksi tubuh.

Kafein
Kafein merupakan suatu perangsang yang berpengaruh dan bisa meningkatkan produksi hormon stres. Boleh saja Anda minum kopi, asal tak berlebihan. Sedangkan minum teh disarankan tidak berbarengan dengan vitamin/makanan yang mengandung zat besi. "Teh akan menghambat penyerapan zat besi."

Obat pereda sakit
Selalu konsultasikan dengan dokter kandungan bila Anda akan mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Atau, beri tahukan dokter bila Anda sedang hamil, sehingga ia akan menuliskan resep obat yang aman untuk ibu hamil. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar